Bersama, Kita Tingkatkan Sistem Pertahanan Maritim Demi Keutuhan NKRI


Oleh : Bryan Wisnu Prabowo

 Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau dan hampir seluruh wilayahnya dikelilingi oleh laut. Oleh karena itu negara kita disebut juga sebagai Nusantara. Dengan jumlah pulau yang begitu banyak, tentu Indonesia kaya akan sumberdaya alamnya, apalagi sumber daya lautnya. Seperti keadaan dasar laut yang sangat indah, dengan pemandangan terumbu karang yang sangatlah memanjakan dan menyegarkan mata kita. Maka tidak heranlah negara kita dikatakan negara maritim.

Sebuah negara pastinya memiliki tentara, khususnya tentara Angkatan Laut. Dari seluruh personil TNI yang kita miliki, jumlah TNI Angkatan Lautnya adalah 74.963 orang, TNI Angkatan Udaranya berjumlah 34.930 orang dan TNI Angkatan Daratnya berjumlah 328.517 orang. Kalau kita lihat dari data tersebut, mungkin menurut kita jumlah personil TNI Angkatan Laut khususnya, sudah cukup banyak, tetapi anggapan kita tersebut ternyata salah besar. Karena dengan jumlah personil yang seperti itu masih sangatlah kurang dibandingkan dengan wilayah negara Indonesia yang sangatlah luas. Coba kita bandingkan dengan TNI Angkatan Darat yang jumlahnya hampir empat kali lebih banyak dari jumlah personil TNI Angkatan Laut. Mengapa bisa demikian? padahal negara Indonesia ini adalah negara dengan wilayah laut yang luas. Itulah keanehan-keanehan nyata dari negeri kita.

Indonesia adalah negara yang di kelilingi oleh laut, otomatis daerah perbatasannya pun kebanyakan didaerah laut. Batas wilayah laut negara Indonesia adalah 12 mil dari pulau terluarnya. Keadaan seperti inipun jarang diperhatikan oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah malah diam saja dan bila ada masalah, pemerintah malah saling menyalahkan dengan pihak kelautan.

Setiap negara pastinya memiliki masalah, termasuk Indonesia. Berbagai masalah yang dihadapi oleh Indonesia kebanyakan berasal dari dalam negeri itu sendiri. Dalam kaitannya dengan sistem pertahanan kelautan, Indonesia adalah negara yang cukup lemah dibidang pertahanannya. Kurangnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah adalah salah satu penyebabnya. Dengan minimnya fasilitas dari pemerintah tersebut, tidak heran bila negara kita masih sedikit terbekakang dalam sistem pertahanan lautnya. Penyebab lainnya yaitu, kurangnya personil TNI Angkatan Laut. Hal tersebut menyebabkan beban tugas setiap personil TNI Angkatan Laut menjadi sangat berat, sehingga malah menjadikan kinerja mereka kurang optimal.

Masalah  dari dalam negeri yang kedua adalah pengolahan sumber daya laut yang kurang tepat yang mengakibatkan angka kemiskinan dan pengangguran bertambah. Terkadang, kita hanya membuang sumber daya alam tersebut secara sia-sia. Tidak hanya itu, pengambilannya pun dilakukan secara terus menerus sehingga menyebabkan sumber daya tersebut lama kelamaan habis. Lebih parahnya lagi, pengambilan sumber daya tersebut mengakibatkan keindahan alam di laut menjadi rusak.  Hal ini pun berimbas pada kesejahteraan masyarakat. Berkurangnya sumber daya alam laut mengakibatkan banyak nelayan yang kehilangan mata pencariannya. Dengan demikian angka kemiskinan dapat bertambah. Baru-baru ini 17,7 persen atau 39 juta penduduk Indonesia tergolong kategori penduduk miskin sedangkan, logikanya negara kita memiliki sumber daya alam yang sangat banyak. Dari fakta yang ada, ternyata kemiskianan itu merupakan akibat dari banyaknya pengangguran. Jumlah pengangguran diIndonesia adalah sebanyak 10,4 persen. Di antara 100 juta angkatan kerja menganggur, 10,5 juta pengangguran terbuka. Untuk mengurangi banyaknya kemiskinan dan pengangguran tersebut, pemerintah dapat membuka lapangan kerja dengan cara memanfaatkan pulau-pulau yang tidak terurus tetapi memiliki pemandangan laut yang sangat indah untuk menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan demikian, pengangguran dan angka kemiskinan pun berkurang.

Hal yang ketiga adalah kurangnya kualitas militer laut di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat didaerah-daerah perbatasan laut Indonesia. kurangnya pengawasan atau perhatian khusus terhadap daerah perbatasan yang sering rawan dengan nelayan-nelayan atau kapal ilegal. Sistem patroli yang di lakukan oleh para petugas perbatasan memang sudah berjalan dengan baik, tetapi mengapa masih ada saja beberapa kapal-kapal atau nelayan ilegal dari luar negeri yang masuk kewilayah negara kita dengan bebasnya. Hal tersebut menunjukkan bawasannya sistem pertahanan laut negara kita masih membutuhkan perbaikan.

Beberapa masalah yang muncul dari luar negeripun juga berperan dalam menunjukkan betapa bobroknya negeri kita saat ini. Masalah-masalah tersebut antara lain, pengambilan sumber daya laut Indonesia secara ilegal oleh negara lain dan pengambilan wilayah Indonesia oleh negara lain.

Pertama, pengambilan sumber daya laut Indonesia secara ilegal oleh negara lain. Sumber daya alam tersebut adalah ikan-ikan, minyak dan mutiara. Para nelayan-nelayan dan kapal-kapal ilegal ini pun sangatlah mudah untuk lolos dari pengawasan para petugas kelautan Indonesia. Dari fakta tadi, kita dapat katakan bahwa sistem pertahanan Indonesia belum terlalu baik.

Kedua, berkurangnya wilayah negara Indonesia karena beberapa faktor alamiah. Kita ketahui bahwa batas wilayah laut negara Indonesia adalah 12 mil dari pulau terluarnya. Dari fakta tersebut, kita sebagai masyarakat tentunya bertanya-tanya. Bagaimana jika pulau terluar kita tenggelam ? kita ketahui bahwa volume air laut semakin meningkat setiap tahunnya. Jawabannya adalah batas wilayah negara Indonesia akan semakin sempit. Hal tersebut tentunya sangat merugikan bangsa kita. Beberapa waktu yang lalu, salah satu pulau terluar dari negara kita tenggelam, dan membuat batas negara Singapura bertambah lebar. Itu hanyalah salah satu dari sekian banyak kasus yang negara kita hadapi tentang perbatasan wilayah laut.

Suatu masalah tidak akan pernah muncul tanpa ada penyebabnya. Penyebab-penyebab itulah yang sebenarnya sangat ingin diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Beberapa penyebabnya pun muncul dalam benat masyarakat.

Kurangnya pengawasan dari pihak pemerintah terhadap wilayah perbatasan laut di indonesia menjadi penyebab utama yang muncul dalam benat kita. Batas-batas wilayah tersebut hanya mempunyai sistem pengawasan yang sangat kurang.

Penyebab lainnya yaitu, kurangnya sistem pertahanan laut Indonesia. Kita hanya membiarkan negara lain mengambilnya secara sewena-wena. Lihatlah, banyak sekali kapal-kapal penambang minyak di laut-laut perbatasan Indonesia. Hal itupun menimbulkan pertanyaan dari masyarakat. Jadi apakah yang para petugas perbatasan laut lakukan?,            kita pasti percaya kalau mereka menjalankan tugas mereka. Tetapi, mengapa masih banyak kapal-kapal ilegal yang masuk negara kita. “untuk apa kapal malaysia berada diperairan Indonesia? bukannya sudah ada batas wilayah masing-masing? kalo kapal malaysia tidak masuk kewilayah Indonesia buat apa petugas patroli Indonesia menegur kapal malaysia? Tiga petugas Indonesia ditangkap di perairan Tanjung Berakit, Bintan, sekitar pukul 22.00 waktu setempat”, itu adalah salah satu kutipan tentang pekerjaan petugas perbatasan wilayah laut. Mereka hanya bertanya, dan lebih buruknya lagi malah mereka yang di tangkap oleh nelayan ilegal tersebut. Padahal itu masih di dalam wilayah negara Indonesia.

Penyebab yang ketiga yaitu, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga wilayah laut dan menjaga keindahan alam laut Indonesia. Mereka malah acuh tak acuh terhadap keindahan laut Indonesia. Mereka hanya dapat mengambil tanpa dapat memperbaiki. Padahal hal itu dapat bermanfaat untuk kita semua.

Setelah timbul sebuah masalah, maka akan muncullah akibat buruk dari masalah tersebut. Dan akibat-akibat buruk tersebut akan merugikan negara kita, yang akhirnya akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat negar kita dan membuat negara kita semakin terpuruk dalam kemiskinan.

Akibat pertama yaitu, memburuknya keadaan laut Indonesia dikarenakan pengambilan sumber daya alam laut secara berlebihan. Mengapa keadaan laut yang memburuk dapat merugikan negara kita?, karena pemandangan laut yang memburuk dapat mengurangi minat dari wisatawan asing yang akan berkunjung ke Indonesia, hal ini otomatis dapat mengurangi pendapatan negara. Jawaban yang kedua, Karena pengeboran minyak yang berlebihan dapat membuat rongga yang besar di dalam dasar laut dan menyebabkan dasar laut dapat turun. Dan akibat terbesarnya adalah tsunami. Jika hal tersebut terjadi, maka akan semakin banyaklah biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menolong dan memperbaiki daerah yang terkena bencana tersebut. Jawaban yang ketiga, jika keadaan laut memburuk, maka jumlah ikan akan semakin berkurang. Hal ini dapat menyebabkan para nelayan merugi dan kehilangan pekerjaan mereka. Hal ini juga membuat jumlah pengangguran dan angka kemiskinan meningkat drastis.

Akibat yang kedua yaitu, hilang dan berkurangnya wilayah Indonesia. Perbatasan laut Indonesia mungkin sangatlah tidak adil bagi negara kita. Hal ini di karenakan, setiap tahunnya volume air laut meningkat, dikarenakan pencairan es. Jika didiamkan seperti ini terus, tidak usah heran jika beberapa tahun kedepan negara Indonesia hanya akan menjadi sejarah dan menjadi salah satu negara yang pernah ada didunia ini. Dengan hilang dan berkurangnya wilayah Indonesia ini, maka akan berkuranglah sumber daya alam yang dapat diambil untuk menambah pendapatan negara kita.

Akibat yang ketiga yaitu, berkurangnya sumber daya alam laut karena nelayan ilegal dan kapal-kapal penambang ilegal dari luar negeri. Mereka mengambil dan merusak keadaan laut Indonesia. Hal itu tentunya melanggar peraturan. Karena mereka memasuki wilayah Indonesia tanpan izin yang sah dari negara Indonesia. Contohnya saja Malaysia, negara yang selalu bermasalah dengan negara kita, apalagi masalah perbatasan lautnya. Para nelayan mereka seringkali mengambil ikan dari laut Indonesia.

Berbagai masalah yang terjadi tersebut, tentunya tidak akan kita biarkan begitu saja tanpa ada penyelesaiannya. Kita membutuhkan solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut, agar negara kita tetap sejahtera.

Solusi pertama, kita perlu memperbaiki sistem pertahanan negara kita. Caranya, dengan melakukan beberapa pelatihan terhadap para petugas perbatasan di daerah laut tentang cara menghadapi para kapal-kapal penambang dan nelayan-nelayan ilegal. Pembinaan pertahanan dan keamanan nasional diusahakan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan, yang meliputi kemampuan kekuatan di laut, pener­tiban dan penyelamatan masyarakat, sehingga mampu melaksa­nakan tugas-tugas pertahanan dan keamanan nasional sesuai de­ngan keperluan dan tantangan yang dihadapi oleh negara dan bangsa Indonesia. Misalnya, dengan langsung membawa mereka kepihak yang berwajib untuk menindak lanjuti mereka. Cara lainnya yaitu, memilih para petugas yang disiplin dan baik dalam melaksanakan tugasnya.

Kedua, memberikan fasilitas yang baik untuk melaksanakan pengawasan didaerah perbatasan laut. Pemerintah dapat menyediakan beberapa kapal motor yang dapat digunakan oleh para petugas untuk berpatroli diseputar wilayah perbatasan laut. Dengan fasilitas yang memadai ini, para petugas diharapkan dapat melakanakan pengawasan dengan lebih baik dari sebelumnya. Pengawasan tidak hanya dilakukan beberapa jam sekali, agar lebih efektif, para petugas dapat mengeceknya setengah jam sekali secara bergantian. Itulah mengapa kita membutuhkan lebih banyak petugas perbatasan. Banyaknya petugas perbatasan akan menurunkan angka pengangguran dinegara kita dan hal ini otomatis dapat menurunkan angka kemiskinan pula.

Ketiga, menempatkan beberapa pasukan disetiap daerah perbatasan laut Indonesia. Pemerintah dapat membangun beberapa mercusuar disetiap daerah perbatasan dengan jarak tertentu. Hal ini dirasa lebih bermanfaat. Para petugas tidak perlu lagi berkeliling menggunakan perahu motor lagi. Mereka dapat menggunakan perahu motor tersebut, jika ada nelayan atau kapal ilegal yang masuk kewilayah kita. Dengan adanya mercusuar ini, negara kita juga tidak akan ditakutkan lagi dengan adanya kehilangan wilayah Indonesia, karena kita telah meletakkan mercusuar disetiap daerah perbatasan. Jadi batas negara kita sudah pasti.

Keempat, memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal disekitar laut tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan sumber daya alam laut negara kita. Jadi mereka tidak akan dirugikan dengan beberapa kerusakan dan habisnya sumber daya alam laut. Mereka dapat memperbaiki terumbu karang yang rusak, agar ikan dapat terus bertambah. Jika ikan bertambah banyak, mereka pula yang akan menikmatinya.

Kelima, memanfaatkan keindahan pulau-pulau yang terbengkalai dan tidak terurus. Banyak sekali pulau-pulau diIndonesia yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Ada baiknya jika pemerintah memanfaatkan keindahan alam tersebut dengan membukanya sebagai tempat wisata yang indah dan menyenangkan bagi masyarakat sekitar dan juga para wisatawan mancanegara. Dengan demikian, tidak akan ada sumber daya alam yang terbuang sia-sia. Dan lapangan pekerjaanpun bertambah. Mengapa kita tidak melakukannya sejak dahulu?, mungkin, jika sejak dulu kita bisa memanfaatkan sumber daya alam kita dengan baik negara kita bisa berkembang pesat dan menjadi negara maju.

Pada akhirnya, mari kita tingkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemanfaatan sumber daya alam laut negara kita dan menjaganya agar tetap indah dan lestari. Tidak lupa juga kita jaga wilayah negara kita agar tidak berkurang dan tidak akan merugikan negara dan masyarakat. Bukan hanya masyarakat yang harus sadar akan pentingnya penjagaan terhadap wilayah kita, tetapi pemerintah juga harus berperan aktif dalam menjaga wilayah negara kita, Agar negara kita menjadi negara maritim yang kuat melalui pertahanan laut yang kuat.

Referensi

http://www.metrotvnews.com/metromain/newsvideo/2011/04/12/126148/Indonesia-Desak-Malaysia-Selesaikan-Masalah-Perbatasan-Laut

http://hankam.kompasiana.com/2011/04/13/indonesia-vs-malaysia-fenomena-perbatasan-negara-berdaulat/

http://id.wikipedia.org/wiki/Posisi_utang_luar_negeri_Indonesia#Angka_kemiskinan_dan_pengangguran

http://id.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

http://malaycelaka.blogspot.com/2010/08/menlu-siapkan-nota-protes-ke-malaysia.html

Categories: Knowledge | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: