Apa Bahasa daerahmu???


         

              Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di negara kita ini, kita memiliki banyak sekali bahasa daerah yang mudah-mudahan masih terjaga hingga saat ini. Disini aku akan bercerita sedikit tentang pengalamanku tentang bahasa daerah.

              Aku terlahir di Jawa. kalau mau tahu jawa bagian mana, silahkan tanya segera. Aku waktu itu berumur lima tahun, kata orang sih, waktu itu aku masih sangat keren. tapi, sekarang aku sudah jadi cowok imut. Dulu dan sampai sekarang saya masih saja menjadi orang yang polos atau mungkin bisa di bilang kurang pergaulan. Maklum, aku adalah anak pertama dari dua bersaudara, tetapi waktu itu aku belum punya adik, makanya aku tidak diperbolehkan keluar dari rumah untuk bermain bersama teman-teman sebayaku.

           Setelah tamat dari TK atau yang biasa disebut taman kanak-kanak, yang sebenarnya harus dinamai sebagai sekolah anak-anak bukan taman. Memang zaman sudah berubah, semuanya pakai peribaratan yang kadang-kadang tidak ada korelasinya. Aku mengikuti ayahku untuk merantau kepulau Sumatera dikarenakan ayahku mendapatkan pekerjaan disana. Dengan naik bis umum antar provinsi, aku, ibuku, dan ayahku pergi kepulau sumatera dan kebetulan sekali kami tidak memiliki anggota keluarga di sana.

            Setibanya di pulau sumatera, aku tinggal di sebuah perumahan dipusat kabupaten. waktu itu aku berfikir bahwa semua orang di bumi ini memakai bahasa jawa. ternyata pemikiranku itu salah besar.

        Pada suatu hari aku bermain disekitar rumahku dengan teman sebayaku yang merupakan penduduk asli sumatera. akupun bertanya kepada mereka, mereka hanya diam. Lalu, aku tanya mereka menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan akhirnya mereka mengerti. waktu itu aku bermain kelereng dengan mereka. mereka berbicara dengan bahasa daerah yang aku tidak ketahui, akupun di beri tahu bahasa mereka. ternyata bahasanya jauh berbeda dengan bahasa yang aku ketahui. dengan berjalannya waktu aku sudah mengetahui banyak tentang bahasa daerahnya.

         Akupun bersekolah disebuah sekolah dasar dikomplek perumahan tersebut. untungnya bahasa yang digunakan saat proses pembelajaran adalah bahasa Indonesia, jadi aku tidak terlalu susah untuk memahami materi pelajaran. tetapi bahasa untuk berkomunikasinya adalah bahasa daerah. aku semain faseh berbahasa daerah baru. sampai akhirnya aku berhasil menguasainya.

contoh :

Bahasa Indonesia: dua

Bahasa Palembang : duo

Bahasa Sekayu : due

              Dirumah, ak menggunakan bahasa jawa, karena aku adalah orang jawa, tetapi sekarang dirumah aku dan keluarga menggunakan 4 bahasa. yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Palembang dan Bahasa Sekayu. kadang-kadang orang bingung tentang asal daerahku. inilah bukti daripada sebuah pribahasa yang mengatakan bahwasannya ” Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung” tetapi bukan semuanya, ambil yang baiknya dan jangan ambil yang buruknya.

             Itulah segelintir kisah tentang diriku yang berhubungan dengan bahasa daerah. setiap daerah diIndonesia memiliki bahasa daerah masing-masing yang seharusnya dilestarikan dengan menggunakan bahasa daerah.

Apa bahasa daerahmu ???
barabagilah cerita tentang bahasa daerahmu disini.

Written by: Bryan Wisnu Prabowo

Categories: My Short Story | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

