Makna Pancasila dan Kemerdekaan Indonesia yang Semakin Luntur


Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Kalimat – kalimat itulah yang selalu dibacakan oleh pembina upacara dan seluruh peserta upacara setiap upacara pada hari senin disekolah – sekolah. Tidak semua dari kita tahu dan mengerti apa itu pancasila. Kita mungkin hanya menganggap pancasila sebagai ideologi negara kita yaitu Indonesia, tanpa mengamalkan arti dari pancasila tersebut. Sebenarnya, pancasila menurut Muh Yamin memiliki dua macam arti yaitu : panca yang artinya lima dan syila yang berarti vokal i pendek, yang artinya batu sendi, alas, atau dasar. Syiila vokal i panjang artinya peraturan tingkah laku yang baik atau penting. Dari pengertian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa pancasila merupakan lima dasar yang baik.

17 agustus telah menjadi tanggal yang selalu kita ingat karena pada tanggal itulah negara kita merdeka. Kemerdekaan menjadi sangatlah penting bagi kita karena pada waktu itu kita merupakan negera terjajah. 67 tahun sudah kita bebas dari zaman penjajahan yang sangat kejam. Hal itulah yang membuat kemerdekaan mempunyai arti yang sangat penting diberbagai aspek, diantararnya sebagai berikut :

  1. Apabila dilihat dari sudut hukum, proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
  2. Apabila dilihat dari sudut politik ideologis, proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
  3. Proklamasi merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
  4. Proklamasi menjadi alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan.
  5. Proklamasi merupakan mercusuar yang menunjukkan jalannya sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan di setiap keadaan.

 

Pancasila sangatlah penting bagi kemerdekaan negara Indonesia. Hal ini dikarenakan sebuah nagera merdeka haruslah memiliki pemerintah yang berdaulat, dasar negara dan dasar hukum untuk menjalankan negara tersebut karena hal itu merupakan salah satu syarat berdirinya negara. Pancasila telah mencakup semua hal tesebut dengan singkat, padat dan jelas.

Sebagai masyarakat yang telah hidup enak dizaman yang merdeka ini, kita patut mensyukuri kemerdekaan. Tetapi, banyak masyarakat sekarang yang mulai tidak peduli dengan kemerdekaan dan arti penting pancasila. Mulai lunturnya rasa persatuan ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat indonesia yang tidak lagi mengibarkan bendera merah putih didepan rumahnya untuk menghormati para pahlawan yang telah bersusah payah mengibarkan bendera merah putih ditanah air kita tercinta. Disamping itu, banyak terjadi pertikaian antar umar beragama.

Tercorengnya nilai pancasila juga ditandai dengan banyaknya ketidakadilan dalam hukum dimasa sekarang. Dizaman sekarang, banyak hukuman penjara bisa digantikan dengan uang dan seorang koruptor yang mencuri uang negara memiliki hukuman yang lebih ringan dibandingkan dengan seorang nenek yang mencuri sebuah semangka. Apakah itu yang namanya adil??? .

Di Indonesia, kita mempunyai banyak agama. Telah di jelaskan dalam pancasila sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa yang berarti kita harus mempercayai adanya Tuhan. Dari survey yang dilakukan, didapatkan bahwa 1,5% dari penduduk Indonesia merupakan atheis atau tidak mempercayai adanya tuhan.

Akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa diumur Indonesia yang ke 67 ini, nilai – nilai pancasila semakin luntur dan mungkin beberapa tahun kedepan, pancasila tidak lagi menjadi ideologi negara kita. Jadi, marilah kita bersama – sama mengamalkan pancasila dalam hidup kita dan memahami arti penting pancasila dan kemerdekaan yang diperjuangkan oleh pahlawan nasional kita.

Daftar Pustaka:

Malino, Jupri. 2012. MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BAGI BANGSA INDONESIA. http://juprimalino.blogspot.com/2012/03/makna-proklamasi-kemerdekaan-bagi.html . [14 september 2012]

Ridwan. 2011. Pengertian Pancasila – Mengetahui Arti Pancasila. http://ridwanaz.com/umum/kewarganegaraan/mengetahui-arti-atau-pengertian-pancasila/ . [14 september 2012]

Lynn et al. 2010. 1.5 persen penduduk Indonesia Ateis. http://www.faktailmiah.com/2010/09/12/1-5-persen-penduduk-indonesia-ateis.html . [14 september 2012]

Oleh : Bryan Wisnu Prabowo, XII SCIENCE 3, SMAN Sumatera Selatan.

About these ads
Categories: Knowledge | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Makna Pancasila dan Kemerdekaan Indonesia yang Semakin Luntur

  1. I give rise to look on behalf of such a article on behalf of a sustained era, credit a percentage.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: